Rabu, 26 Oktober 2011

Membuat jaringan LAN sederhana (Peer to Peer)

Untuk anda yang hanya mempunyai 2 unit komputer di rumah atau di tempat kerja, tentunya akan terlalu boros biaya apabila harus mengkoneksikan komputer-komputer tersebut menggunakan sebuah link (hub). Tutorial ini bertujuan untuk menggabungkan 2 unit komputer ke dalam 1 jaringan (LAN) dengan menggunakan kabel Cross.

Yang perlu dipersiapkan antara lain :
1. Kabel UTP (LAN) dengan panjang secukupnya
2. Konektor RJ-45
3. Tang Penjepit RJ-45 (Crimp Tool)
4. UTP Tester (apabila ada)

Langkah yang harus dilakukan pertama adalah mengupas kulit (bungkus) kabel UTP pada kedua ujungnya. Kulit dari kabel UTP yang dikupas sebaiknya tidak terlalu panjang, cukup dilebihkan panjangnya sedikit dari panjang konektor RJ-45.

Setelah itu potong ujung kabel UTP dengan menggunakan pisau pemotong yang terdapat pada Crimp Tool. Kabel UTP tidak perlu dikelupas, dan pemotongan ujung kabel diusahakan rata agar memudahkan proses pemasangan.






Selanjutnya pasang kabel UTP ke konektor RJ-45. Pada pemasangan kabel ini harus diperhatikan bahwa untuk susunan kabel Cross berbeda dengan susunan kabel jenis Straight (lurus) yang biasa digunakan oleh komputer yang terhubung ke Link (hub).


Pada kabel jenis straight susunan kabel antara ujung satu dengan ujung lainnya adalah sama. Tapi pada kabel Cross susunan kabelnya diubah menjadi :


1. Putih Oranye = Putih hijau
2. Oranye = Hijau
3. Putih Hijau = Putih Oranye
4. Biru = Biru
5. Putih biru = Putih biru
6. Hijau = Oranye
7. Putih Coklat = Putih Coklat
8. Coklat = Coklat





Setelah kabel disusun sesuai dengan pasangannya, maka langkah selanjutnya adalah menjepit kabel UTP yang sudah dimasukan ke konektor RJ-45 menggunakan Tang Penjepit (Crimp Tool). Pastikan semua ujung kabel UTP menyentuh ujung konektor RJ-45. Proses ini harus dilakukan dengan hati-hati, karena apabila terjadi kesalahan (gagal), maka konektor RJ-45 yang gagal tidak bisa digunakan kembali.
Sampai disini pembuatan kabel Cross seudah selesai. Untuk memastikan kabel terpasang dengan benar bisa digunakan UTP Tester, tapi apabila tidak ada pun tidak apa-apa, cukup sambungkan kabel UTP yang sudah jadi ke komputer, maka akan langsung diketahui hasilnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar